Jumat, 14 September 2012

Kegiatan Sehari-hari

        Banyak sekali kegiatan sehari-hari yang dilakukan di Ponpes Nurul Hidayah, dan inilah beberapa uraian tentang kegiatan-kegiatannya :

a. Mengaji
    Yang paling jelas ada pada setiap pondok pesantren yaitu mengaji. Pelajaran agama yang menurut saya sangat penting diajarkan, apalagi di zaman yang semakin membingungkan. Kegiatan mengaji ini dilakukan dari malam senin sampai malam kamis, waktunya pada malam hari, dari ba'da isya sampai pukul 21.00 WIB. Pengecualian pada bulan ramadhan, mengaji dilakukan setiap malam,waktunya pada malam, pagi, dan sore hari. Yaitu malam, ba'da isya sampai jam 23.00 WIB, pagi, ba'da subuh sampai pukul 17.40 WIB, sore, ba'da ashar sampai pukul 17.00 WIB.

b. Al Barjanji
     Kegiatan ini dapat menjadi sarana dalam kita mendapat Syafa'at dari baginda Nabi agung Muhammad  S.A.W, karena didalamnya terdapat banyak sekali shalawat. Kegiatan ini dilakukan pada malam jum'at, ba'da isya sampai pukul 21.00 W.I.B.

c. Khitobah
     Kegiatan ini dilakukan pada malam sabtu, ba'da isya sampai pukul 21.00 W.I.B. Dalam kegiatan, ini santri dididik untuk mengembangkan rasa percaya diri, dan keberanian.

d. Ziarah Kubur
     Kegiatan rutin ziarah kubur pada hari kamis, ba'da ashar ini, dilakukan di makam pengasuh pondok terdahulu.

Sekian penjelasan tentang kegiatan di Ponpes Nurul Hidayah, Purworejo. Mohon berikan saran untuk update-tan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar